Breaking News

Pertemuan Penyair Korea-ASEAN II di Riau


BILA tak ada aral melintang, Provinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru, pada tanggal 25-29 Oktober 2011 mendatang bakal menjadi tuan rumah Pertemuan Penyair Korea-ASEAN II (Korea-ASEAN Poets Literature Festival –KAPLF). Diperkirakan 70 penyair dari negara Korea Selatan dan negara-negara ASEAN lainnya termasuk Indonesia bakal berhimpun di Tanah Melayu Riau. Tema kegiatan kali ini adalah Sound of Asia (Suara Asia) yang lebih mengedepankan budaya Melayu sebagai Warisan Dunia.

Kegiatan yang baru digelar untuk kali kedua setelah sukses diselenggarakan di Seoul, Korsel, 2-6 Desember 2010 lalu, diisi dengan berbagai kegiatan antara lain pembacaan puisi para penyair, pembacaan esai dan proses kreatif penyair, diskusi, kunjungan di tapak-tapak budaya yang bersejarah hingga pertukaran gagasan terkait upaya membangun persahabatan antarnegara di bidang seni sastra dan kebudayaan.

Rida K Liamsi, Direktur KAPLF II yang menjadi penanggung jawab iven akbar tahunan ini mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk membangun persahabatan dan solidaritas di kalangan para penyair negara-negara terkait dalam mendorong dan memacu kreativitas di bidang kesusastraan khususnya puisi di negara masing-masing.

Terpilihnya Riau sebagai tuan rumah KAPLF II tak terlepas dari rangkaian kegiatan iven sastra pertama di mana Rida menjadi salah satu utusan Indonesia bersama penyair Nirwan Dewanto. Dalam persidangan akhir KPALF I di Seoul tersebut, saat Indonesia mendapat tawaran sebagai tuan rumah untuk kali yang kedua, Rida langsung menangkap peluang itu.

Menurut Rida, banyak keuntungan bila iven sastra sebesar KAPLF tersebut digelar di tanah Melayu Riau. Di antaranya, momentum yang baik untuk mengenalkan Riau dengan segala kekayaan seni-budaya dan aspek-aspek lain kepada para penyair dan sastrawan yang memiliki kejelian dalam memandang sesuatu dengan menggunakan kaidah-kaidah estetika dan kehalusan budi. Diharapkan, penyair yang berada di Riau selama lima hari tersebut dapat melahirkan karya dengan setting lokasi atau nilai-nilai sosial-budaya yang berangkat dari tanah Melayu.

KAPLF II yang ditaja oleh Yayasan Sagang, mendapat dukungan Pemerintah Provinsi Riau melalui Gubernur Rusli Zainal saat panitia penyelenggara yang dipimpin langsung Rida beraudiensi dengan Gubri. Rusli Zainal meminta agar kegiatan sastra antarnegara ini dapat digelar secara sungguh-sungguh dengan menampilkan kekayaan khasanah seni budaya Melayu yang berkembang tunak dan matang di daerah ini. Penampilan-penampilan yang disuguhkan kepada para tamu hendaklah memberikan kesan yang baik sehingga mampu membangun romantisme pemikiran di kalangan para penyair berbagai negara tersebut.

Persiapan-persiapan nyata terus dilakukan oleh Tim Panitia Pengarah yang diketuai Prof Dr Yusmar Yusuf dan Tim Pelaksana yang diterahu oleh Darmawi Kahar (Armawi KH). Para penyair dari negara-negara terkait sudah pula dipilih oleh tim kurator sesuai wilayah tanggungjawab masing-masing. Para penyair dari Korsel dikoordinasikan langsung oleh kritikus sastra Indonesia yang sedang bertugas di Hankuk University, Seoul, Maman S Mahayana. Peserta dari Korea Selatan adalah Ko Hyeong Ryeol, Lee Kyeong Im, Park Hyung Jun, Kim Tae Hyung, Joe Sue Jaa, Kim Young Chan, Cho Myeong, Chun Su ho, Lim Yun, An Heon Mi. Sedangkan peserta dari negara-negara ASEAN adalah Nguyen Huang Doc dan Do Thi Khank Phuong (Vietnam), Maung Pyiyt Minn dan Maung Day (Myanmar), Nick Rakib dan Phaosan Jewhwae (Thailand), Shamsudin Otham dan Hasyuda Abadi (Malaysia), Isa Kamari (Singapura), Hasyim Bin Abdul Hamid dan Suip Bin Abdul Wahab (Brune Darussalam), serta Michael Coroza dan Marne Kilates (Filipina).

Begitu pula Tim Kurator Indonesia di luar Riau dan Sumatera ditangani langsung oleh penyair Nirwan Dewanto yang telah menetapkan sejumlah nama, yakni Gunawan Maryanto (Jogjakarta), Hana Fransiska (Pontianak), Raudal Tanjung Banua (Jogjakarta), Zaim Rofiqi (Jakarta) dan Aan Mansur (Makassar).

Untuk para penyair Sumatera non-Riau dengan kurator penyair Taufik Ikram Jamil dan Fakhrunnas MA Jabbar telah memilih utusan penyair dari masing-masing provinsi kecuali Bengkulu, yakni Fikar W Eda (NAD), Afrion (Sumut), Esha Tegar Putra (Sumbar), Dimas Arika Miharja (Jambi), Isbedy Stiawan ZS (Lampung), Sunlie Thomas Alexander (Bangka-Belitung), Nurhayat Arif Permana (Palembang), Machzumi Dawood dan Hasan Aspahani (Kepulauan Riau).

Sedangkan penyair tuan rumah Riau dipilih oleh tim kurator yang terdiri atas penyair Husnu Abadi dan Hary B Kori’un. Mereka adalah Taufik Effendy Aria, M Badri, Budy Utamy, Jefri al Malay dan Marhalim Zaini.

Pemilihan para penyair yang diundang memiliki kriteria yang sudah ditetapkan oleh panitia penyelenggara. Pertimbangan itu meliputi kreatifitas kepenyairan, kontinuitas berkarya, mewakili generasi, penerbitan buku karya sendiri dan aspek-aspek lainnya. Meski sebenarnya masih ada sejumlah penyair lain yang memiliki kapabilitas kepenyairan yang patut diandalkan namun keterbatasan jumlah peserta mengakibatkan representasinya hanya bisa menampilkan seorang penyair saja.

Perhelatan sastra KAPLF II bakal ditempatkan di beberapa kabupaten di provinsi Riau selain Pekanbaru sendiri sebagai ibukota, yakni Kota Siak Sriindrapura dengan peninggalan sejarah Kesultanan Siak yang pernah masyhur di masa silam dan Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar, sebuah candi Budha peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

Oleh sebab itu, penyelenggaraan dan kunjungan di daerah-daerah yang memiliki nilai kesejarahan dan nilai sosial-budaya itu patut dijadikan sarana promosi pariwisata khususnya wisata sejarah dan budaya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di daerah ini.

Pembukaan KAPLF II yang digelar di kawasan Gedung Daerah Riau sekaligus dijamu oleh Gubernur Rusli Zainal akan menampilkan berbagai atraksi seni budaya yang berbasis sastra seperti syair dan juga pembacaan puisi oleh Rusli Zainal sendiri dan Presiden Penyair Indonesia, Sutardjo Calzoum Bachri. Dalam acara ini juga akan ditandatangani kerja sama antara majalah sastra Sagang dengan majalah sastra Sipyung (Korsel). Bersamaan dengan kegiatan KAPLF II ini diterbitkan dan diluncurkan tiga buah buku masing-masing Directory Book: Malay Culture as World Heritage on Stage, Becoming After Seoul dan Antologi Puisi KAPLF II Sound of Asia.

Sumber: Riau Pos,11 September 2011

JADWAL ACARA/KEGIATAN KAPLF II 2011
SENIN, 24 Oktober 2011
Pk .14.00 - 22.00 : Para peserta check in di Hotel Labersa
Pk. 20.00 - : Peserta dari Korea dan negara Asean lainnya sampai di bandara Sultan Syarif Kasim II, dan disambut panitia di ruang VIP Lancang Kuning. Setelah beristirahat 30 menit, dibawa ke Hotel Labersa dan Check in.
Pk 21.30 - 23.00 : Makan malam bersama dan perkenalan antar peserta. Pembagian materi acara dan briefing untuk acara/kegiatan KAPLF II 2011. Tempat Hotel Labersa. Host : SC / Fakhrunnas/Junaidi
Pk. 23.00 : Istirahat di hotel.
SELASA, 25 Oktober 2011
Pk. 06.30 - 07.30 : Sarapan pagi di Hotel Labersa
Pkl .08.00 - 11.30 : Kunjungan lapangan ke daerah operasi perusahaan penambangan minyak PT Chevron Indonesia (Penambangan minyak terbesar dan tertua di Indonesia ). Penjab : CPI dan OC
Pk 12.00 – 12.30 : Makan siang di sanggar CPI
Pk.12.30 - 13.30 : CPI Presentation ttg komitmen CPI pada Kebudayaan, khususnya kebudayaan Melayu melalui program CSR
Pk.14.00 - 14.30 : Kujungan ke Universitas Lancang Kuning, Fakultras Ilmu Budaya. Penjab : Lancang Kuning University/SC/OC :
Pk. 14.00 – 16.30 : Acara Poetry dan Essay Reading, diskusi, dll
- Pen gantar dari SC/ moderator : Junaidi
- Wellcome Speech by Universitas Lancang Kuning
- Poetry reading ( 14.15 – 15.15 ) :
1. Peserta dari Indonesia/ Sumatera/ Riau : Puisi / Marhalim Zaini
2. Peserta dari Indonesia / Sumatera/ NAD : Puisi / Ficar W Eda
3. Peserta dari Korea : Puisi / Cho Myeong
4. Peserta dari Indonesia / Pontianak : Puisi / Hanna Fransisca
5. Peserta dari Thailand : Puisi /Phaosan Jawhwae
6. Peserta dari Philipina : Puisi / Marne Kilates : MOSTLY IN MONSON WEATHER, DAN
POEM : COUNTRY BETWEEN
7.Peserta dari Indonesia/Sumatera/Sumut : puisi/ Afrion
8.Special Performance ( Petikan gitar dan lagu Melayu : Taufik Hidayat )
- Essays Reading ( 15.30 – 16.30 )
9.Peserta dari Indonesia/Sumatera/Lampung : Essay / Isbedy Stiawan Zs
10.Peserta dari Indonesia/Sumatera/Riau : Essay / Jefry Al Malay
11.Peserta dari Korea : Essay / Joo Sue Jaa
12.Peserta dari Indonresia/ Sumatera/ Sumbar : Essay / Esha Tegar Putera
13.Peserta dari Thailand : essay / Zawawi Paka Amin
14.Peserta dari Indonesia/ Sumatera/Riau : Essay/ Budi Utami
Pkl. 16.30 : Kembali ke hotel Labersa / OC
Pk 17.00 - 19.00 : Istirahat di Hotal Labersa
Pk. 19.30 : Berangkat menuju kediaman Gubernur Riau untuk acara makan malam bersama dan pembukaan KAPLF II 2011 / OC.
Pkl. 20.00 - 20.30 : Makan malam bersama / OC/Pemda Riau
Pkl. 20.30 - 21.30 : Pembukaan / Peresmian acara KAPLF II 2011 : Pemda Riau/SC
- Sambutan selamat datang/Laporan Panitia Penyelenggara : Mr. Rida K Liamsi / Director KAPLF II 2011
- Sambutan dari TPSA/ Chairman KAPLF : Mr. Ko Hyeong Ryeol
- Sambutan dari perwakilan para peserta : Shamsudin Othman (Malaysia )
- Penandatanganan MoU antara Majalah SAGANG dengan Majalah SIPYUNG
- Peluncuran buku : Directory Book : Malay As World Heritage on Stage , antologi puisi “ Becoming After Seoul “ , Antologi Puisi “ Sound of Asia “ dan “ Sagang Special Edition “ 2011
- Sambutan dari Gubernur Riau dan sekaligus peresmian acara KAPLF II 2011
- Penampilan Kesenian dan Pembacaan Puisi ( pkl 21.30 – 23.00 ) : Penjab/Moderator : Al Azhar
-- Special Performance ( Malay traditional song/ muzic /dance )
-- Pembacaan Puisi/Poetry Readings
1. Dewan Kesenian Riau : Eddy Ahmad RM
2. Peserta dari Korea : Ko Hyeong Ryeol
3. Peserta Khusus dari Malaysia : Marslino NO & Rahimidin Zahari
4. Peserta Khusus dari Brunei Darussalam : Zefri Ariff
5.Musikalisasi Puisi : SMA Negeri I Pekanbaru / AKMR
-- Poetry Readings
6. Peserta dari Korea : Puisi /Lee Kyeong Im
7. Peserta dari Vietnam: Puisi/ Nguyen Huang Doc
8. Peserta dari Burma : puisi / Maung Pyiyt Minn
9. Peserta dari Filipina : puisi/Michael Coroza
10. Preserta dari Thailand : puisi / Nick Rakib
11. Special Profermance ( Pembacaan Gurindam XII )
-- Poetry Readings :
12. Peserta dari Brunei Darussalam : puisi/Hasyim bin Haji Abdul Hamid
13. Peserta dari Singapura : puisi / Isa Kamari :
14. Peserta dari Indonesia : puisi / Gunawan Muryanto
-- Sound of Asia /Penampilan
15. Peserta Kehormatan : Rusli Zainal
16. Peserta dari Indonesia : Sutardji Calzoum Bachry
- Penutup, dan kembali ke hotel, istirahat.
RABU , 26 Oktober 2011
Pkl. 06.00 – 7.00 : Sarapan pagi di Hotel dan bersiap ke Siak
Pkl 7.30 – 9.30 : Berangkat dengan bus ke pelabuhan Sungai Duku dan berangkat dengan speedboat menuju Siak Sri Indrapura.
Pk. 10.00 - 10.30 : Acara di Istana Siak Sri Indrapura
- Pengantar Kunjungan oleh Panitia /SC/moderator / Fakhrunnas MA Jabbar & Taufik Ikram Jamil
- Sambutan Selamat datang dari Bupati Siak
- Special Performance :
-- Tari Persembahan dan Zapin Tunggal dari Siak
-- Musik tradisional ( tari/muzik )
Pk. 10.30 – 13.00 :
-- Poetry Readings ( 10.30 – 11.30 )
1. Peserta dari Indonesia /Riau : Puisi / M Badri
2. Peserta dari Indonesia/Sumatera/ Sumsel : Puisi / Nurahayat Arif Permana
3. Peserta dari Korea : Puisi / Park Hyun Jun
4. Peserta dari Indonesia/Jepara : Puisi/ Zaim Rafiqi
5. Special Profermance ( song/muzik/dance )
-- Essay Readings ( 11.30 – 12.30 )
6. Peserta dari Korea : essay / Lee Kyeong Imm
7. Peserta dari Indonesia / Bali : essay/ Raudal Tanjung Banua
8. Peserta dari Korea : essay / Chun Sun Ho
9. Peserta dari Burma : essay / Maung Pyiyt Minn
10. Peserta dari Thailand : essay / Nick Rakib
11. Peserta dari Indonesia/sumatera/Kepri : Essay/ Machzumi Dawood
12.Special performance dari Siak ( traditional Muzik/dance/ pembacaan syair/gurindam )
-- Poetry Readings ( 12.30 – 13.30 )
13. Peserta dari Indonesia/Sumatera/ Kepulauan Riau : puisi / Mahzumi Dawood
14. Peserta dari Indonesia/Sumatera/ Jambi : puisi / Dimas Arika Miharja
15. Peserta dari Korea : Puisi/ Kim Tae Hyung
16.Peserta dari Indonesia/Sumatera/Sumbar : Puisi / Esha Tegar Putra
17. Peserta dari Malaysia : Puisi/ Shamsudin Othman
18. Special performance ( traditional dance/song/dance/musikalisasi puisi )
Pkl 13.30 : Makan siang bersama dengan tradisi Kerajaan Siak Sri Indrapura
Pk. 14.30 : Kembali ke Pekanbaru dengan bus dengan lebih dahulu menyusuri jembatan Tengku Agung, dan Jalan CPI
Pk. 17.30 - 19.00 : Istirahat
Pk. 19.30 – 22.30 : Patin Night : Moderator : Syaukani Al Karim
Pk. 20.30 – 21.30 : Poetry Reading
1.Song profermance/ Tradisional profermace
2. Peserta dari Malaysia : Puisi / Hasyuda Abadi
3. Peserta dari Indonresia/Sumatera/ Kepri: Puisi/ Hasan Aspahani
4. Peserta dari Indonesia/ Jogjakarta : Puisi/ Aan Mansyur
5. Peserta dari Thailand : puisi / Zawawi Paka Amin
6. Tradisional dance/song/muzic )
- Essays Reading ( 21.30 – 22.30 )
7. Peserta dari Vietnam : essay / Nguyen Huang Doc
8. Peserta dari Korea : essay / Lim Yun
9. Peserta dari Indonesia / Sumatera/ Sumsel : essay/Nurhayat Arif Permana
10. Peserta dari Singapura : Essay/ Isa Kamari
11. Peserta dari Indonresia / Jogjakarta : essay /Gunawan Muryanto
12. Peserta dari Indonesia/Sumatera/ Sumut : essay / Afrion
13. Clossing : Special Performance ( Malay Tradisional dance/song/muzik )
Pk 22.30 : Kembali ke hotel dan istirahat
KAMIS, 27 Oktober 2011 :
Pk.06.00 – 7.30 : Sarapan pagi
Pk. 7.30 : Berangkat ke Muara Takus , Kampar dengan bus
Pk. 10.30- 12.30 : Acara di Muara Takus Tample
- Pengantar dari SC / moderator : Husnu Abadi
- Sambutan Selamat datang dari Bupati Kampar
- Penampilan seni tradisional Kampar ( song/dance/muzic )
- Poetry Readings
1. Peserta dari Indonesia/Sumatera/ Riau : puisi / Jefry Al Malay
2. Peserta dari Burma : puisi / Maung Day
3. Peserta dari Korea : Puisi / Lim Yun
4. Peserta dari Vietnam : Puisi / Khan Phuong
5. Peserta dari Korea : puisi / An Heon Mi
6. Peserta dari Indonesia/ Jogjakarta : puisi /Raudal Tanjung Banua
6. Special Porfermance ( Malay tradisional dance/song/muzik )
7. Peserta Korea : Puisi / Joo Sue Jaa
8. Peserta dari Indonesia/ Sumatera/Bangka Belitung : Puisi / Sunlie Thomas Alexander
9. Peserta dari Korea : Puisi / Kim Young Chan
10. Peserta dari Indonesia/Sumatera/Kepri : Puisi/Machzumi Dawood
10.. Special Porfermance ( Malay tradisional dance/song/muzic )
Pk. 13.00 : Makan siang bersama tradisi Kampar ( Makan Berjambau )
Pk. 14.00-15.30: Karyawisata disekitar danau Kota Panjang/ PLTA
Pk. 15.30 : Kembali ke Pekanbaru
Pk. 17.30-19.00: Istirahat di hotel
Pk. 19.30- 20.00: Makan malam bersama di Rumah Makan Melayu
Pk. 20.30-22.00 : Menuju gedung Anjung Seni Idrus Tintin dan Menyaksikan malam pergelaran Symphoni
“ Bulang Cahjaya “ dan Poetry Reading :
1. Tampilan BSO 2-3 lagu
2. Rida K Liamsi / Indonesia /Puisi
3. Marsli NO /Malayusia/ puisi
4. Fakhrunnas MA Jabbar/Indonesia/Puisi
5. Rahimidin Zahari /Malaysia/puisi
6. Taufik Ikram Jamil /Indonresia/Puisi
7. Tampilan BSO 2-3 lagu
8. Husnu Abadi /Indonesia / Puisi
9. Zefri Ariff/ Brunei Darussalam/ Puisi
10. Murparsulian/Indonesia/Puisi
11. Syaukani Al Karim /Indonesia/Puisi
12. Kazaini Ks /Indonesia / Puisi
13. Tampilan BSO 2 atau 3 lagu
14. Soetrianto /Indonesia/ Puisi
15. Yoserizal Zen /Indonesia/Puisi
Pk. 22.00 – 23.00 : Pesta jagung bakar
Pk. 23.00 : Kembali ke hotel Labersa dan istirahat
JUMAT,28 Oktober 2011 :
Pk. 06.00 - 7.30 : Sarapan pagi
Pk. 08.30 - 11.30 : Collocium / panel diskusi : “ Sound of Asia : Malay as World Harritage “ , di Suman Hs Library
I. Sesi pertama : 08.30 10.00. Moderator : Yusmar Yusuf / Junaidi
1.Peserta Indonesia/Jakarta : Essay / Aan Masyur
2.Peserta dari Korea : essay/ Cho Myeong
3.Peserta Vietnam : essay/ Khan Puong
4.Peserta Indonesia/Sumatera/ Kepri : essay/ Hasan Aspahani
5.Peserta Malaysia : essay/ Hasyuda Abadi
6.Peserta Philipina : esay / Marne Kilates
7.Peserta Indonresia/Sumatera/ Riau : essay/ Marhalim Zaini
II. Sesi Kedua : Pk. 10.00 - 11.30 : Moderator : Yusmar Yusuf / Husnu Abadi
8.Peserta Indonesia/Sumatera/NAD : Essay/ Ficar W Eda
9.Peserta Korea : essay/Park Hyung Jun
10.Peserta Indonesia/Jakarta : Essay/ Hanna Fransisca
11.Peserta Korea : essay / Kim Tae Yung
12.Peserta dari Indonesia/Sumatera/Bangka Belitung : Essay/ Sunlie Thomas Alexander
13. Peserta dari Burma : essay / Maung Day
Pk. 12.00 - 14.00 : Sholat Jumat bagi yang akan melakukannya di mesjid Pemda di kompleks kantor Gubernur. Yang tidak, makan siang bersama di lantai 9/ top floor Kantor Gubernur.
Pk. 14.00 - 15.30 : Lanjutan sessi Colocium/pembacaan essay :
Sesi Ketiga : Moderator : Hari B Koriun
14.Peserta dari Indonresia / Sumatera/ Jambi : essay / Dimas Arika Miharja
15.Peserta dari Korea : essay /Kim Young Chan
16.Peserta dari Indonesia/Sumatera/ Riau : essay / M Badri
17.Peserta dari Indonesia / Jepara : essay/ Zaim Rifqi
18.Peserta dari Korea : essay / An Heon Mi
19.Peserta Vietnam : essay / Nguyen Huang Doc
Pk. 16.00 - 18.00 : Pekanbaru City Tour : Mesezium dan taman budaya, pasar bawah, Pusat Kerajinan Songket, dll shopping event : Kordinator : Pulsiamitra
Pkl. 18.00 – 19.00 : Istirahat di hotel
Pkl 19.15 : Berangkat menunju tempat Anugerah Sagang di Hotel Pangeran
Pkl. 20.00 – 20.30 : Makan malam bersama di Pangeran Hotel
Pkl 20.30 – selesai: Menyaksikan Malam Anugerah Sagang 2011 di Pangeran Hotel
Pkl. 23.00 : Kembali ke hotel Labersa dan istirahat
SABTU , Tanggal 29 Oktober 2011
Pk. 7.00 - 10.00 : Sarapan Pagi dan Perpisahan di Hotel Labersa, penyerahan kenang2an, dll ( menetapkan bersama di mana KAPLF III 2012 ). Sambutan perpisahan atas nama peserta diwakili peserta dari : Mr. Hasyim binHj Abdul Hamid. Host : SC/Fakhrunnas/Junaidi
Pk. 12.00 : Batas terakhir peserta Chek out from hotel.
Pk. 10.00 –13.00 : Untuk peserta dari Korea yang pesawatnya ke Jakarta pkl 18.00 sore barang-barang mereka sudah semuanya dimasukkan ke mobil/bus, bersama peserta lainnya yang belum berangkat, khususnya peserta dari Riau, menuju ke rumah pak Tenas Efendi, tokoh Melayu, di Pasir Putih, Kampar, diskusi disana tentang buku master piece Tenaas Efendi : Bujang Tan Domang (kepada peserta akan dibagikan buku Bujang Tan Domang sebagai bahan diskusi).
Bertindak sebagai Moderator : Al Azhar, salah seorang editor Bujang Tan Domang
Pk. 13.00- 13.30 : Makan siang bertsama di kediaman pak Tenaas Efendi
Pk. 14.00 – 16.00 : Menuju Universitas Islam Riau ( Riau Islamis University ) dan melakukan seranglkaian acara disini ( Kordinator : Husnu Abadi )
Pk.16.00- 17.30 : Berangkat menuju Bandara SSK II dan menunggu di VIP Lancang Kuning
Pk. 18.00 : Peserta dari Korea berangkat ke Jakarta, Transit, dan terus ke Seoul dengan pesawat garu
******

No comments