Single Trip ke Curug Cibereum Pondok Halimun

Curug Cibereum terletak di ketinggian + 1.500 mdpl, berada di Taman Nasional Gunung Gede Panggaro (TNGP), kawasan Pondok Halimun, Salabintana, Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya berada di lereng Gunung Gede Pangrango, dengan jarak 3,5 km dari gerbang TNGP dan waktu tempuh antara 1,5 – 2+ jam (tergantung stamina dan kemampuan). Jalur menuju ke lokasi berupa jalan setapak berbatu cadas, dengan bingkai tebing dan jurang. Bagi yang tidak terbiasa melakukan petualangan ke alam liar (mendaki gunung, jelajah rimba, dll) tidak disarankan menuju ke lokasi ini sendirian karena medan lumayan berat dan agak berbahaya, karena di sekitar jalur pendakian banyak jurang yang sangat dalam. Tapi bagi yang ingin menghayati alam raya berjalan sendirian di tengah rimba belantara menjadi kenikmatan tiada tara :D

Saya sengaja menuju lokasi ini sendirian pada Sabtu (16/11/2013)
yang dingin, berbekal sejumlah informasi yang saya peroleh dari dunia maya. Sepanjang perjalanan hanya ditemani pepohonan tinggi menjulang dan kicau burung-burung. Sesekali berjumpa dengan kelompok mahasiswa dari Universitas Tarumanegara yang sedang melakukan kegiatan alam bebas. Beberapa dari mereka ada yang jatuh, ngedrop, bahkan pingsan. Setelah sampai di lokasi air terjun, turun gerimis, menjadikan suasana semakin mistis (bukan romantis: karena sendirian). Air terjunnya sangat indah, tingginya 60 meter dan tertinggi di kawasan TNGP. Beberapa jam di lokasi air terjun, menikmati gemerisik dan tempias airnya, saya kemudian turun ketika kabut halimun juga mulai menuruni lembah. Tepat menjelang senja, saya sudah sampai di bawah (Pondok Halimun).

Menuju Lokasi

Dari Bogor ke Sukabumi bisa ditempuh menggunakan bus atau Kereta Api Pangrango Bogor-Sukabumi. Dalam perjalanan ini saya menggunakan kereta api kelas AC Ekonomi dengan ongkos Rp 15.000 sampai ke stasiun Sukabumi. Keluar stasiun kemudian jalan kaki + 300 meter menuju Jl. RE Martadinata, dilanjutkan dengan naik angkot Trayek 10 (RE Martadinata-Salabintana) dengan ongkos Rp 15.000 sampai ke Pondok Halimun, karena kebetulan ada tiga orang pendaki dari Jakarta yang memiliki tujuan sama, sehingga angkot mau dicarter sampai ke Pondok Halimun.

Jarak Kota Sukabumi - Pondok Halimun + 10 km atau 30 menit dari Sukabumi, melewati perkebunan teh dan kebun sayur, dengan jalan menanjak berkelok dan berlobang. Akses transpotrtasi menuju dan keluar dari lokasi ini sangat sulit, sehingga sebaiknya jalan membawa kendaraan sendiri atau mencarter kendaraan. Keluar dari Pondok Halimun, saya harus menunggu cukup lama karena harus menumpang orang yang kebetulan mau ke luar. Untungnya dapat tumpangan pengendara sepeda motor yang kebetulan menuju ke Salabintana.

Kesimpulan

Menantang, mencekam, memuaskan dan mengasyikan campur baur menjadi satu. Karena berjalan sendirian ditengah hutan di lereng gunung, jalurnya licin dan rawan longsor, banyak pacet, tapi pemandangannya sangat indah. Suatu saat ingin kembali lagi ke sana dengan peralatan camping dan bermalam di Pondok Halimun. Karena di lokasi tersebut banyak terdapat camping ground. Tapi tujuan selanjutnya ke Ujung Genteng dulu, kawasan pantai yang masih asri dan belum banyak dikunjungi di selatan Sukabumi. (*)